Lomba irit: Honda Mobilio tembus 25 km per liter

Honda Indonesia kembali mengadakan lomba irit bahan bakar mobil Honda Mobilio di segmen MPV. Seri kedua lomba bertajuk ‘Honda Mobilio Battle of Efficiency’ ini dimulai di Sunter, Jakarta Utara, dengan titik akhir Sentul City, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (13/1).

Di seri kedua, pemenangnya adalah komunitas Honda Mobilio Indonesia (MOI) chapter Jakarta dengan konsumsi bensin 25,4 kilometer per liter. Ini lebih baik dari seri pertama yang mengonsumsi bensin 24,1 kilometer per liter. Seri kedua ini menempuh jarak 61 kilometer dengan waktu perjalanan 90 menit, serta kondisi mobil standar. Penentuan pemenang dilakukan dengan melihat rata-rata konsumsi bahan bakar pada layar MID (Multi Information Display) masing-masing mobil.

Seri kedua ini diikuti oleh 10 peserta dari komunitas MOI chapter Jakarta dan Bogor, serta 10 undangan calon konsumen Honda Mobilio. Di kategori komunitas, komunitas MOI chapter Jakarta berhasil memborong tiga gelar juara. Mereka adalah Yogi Sagita meraih juara pertama dengan konsumsi bahan bakar 25,4 kilometer per liter, disusul Bambang Tri Ascario dengan 24,2 km per liter dan Thomas Neda Alexander 24 km per liter. Sedangkan kategori calon konsumen, Antonius Raditiyo Iswahyudi meraih juara pertama dengan konsumsi 22,7 km per liter.

Yogi Sagita mengaku sudah berlatih mengemudi hemat beberapa kali sebelum ikut lomba. Pemilik Honda Mobilio yang berdomisili di Jakarta ini bahkan pernah mencapai konsumsi bahan bakar yang lebih baik saat latihan. Namun, kondisi jalan yang menanjak menjelang finish menjadi tantangan yang cukup berat di lomba ini.

Pemenang di kategori calon konsumen, Antonius Raditiyo Iswahyudi, justru mengikuti lomba ini tanpa persiapan apa pun. Pertama kali mengendarai Mobilio, Antonius mengaku puas dengan efisiensi bahan bakar yang diraihnya, meski dia menyetir tanpa strategi khusus dan menggunakan AC sepanjang perjalanan.

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan ajang ini merupakan lomba hemat bahan bakar sehingga para peserta bebas menggunakan strategi berkendara yang sehemat mungkin, selama mobil dalam kondisi standar dan tidak melanggar peraturan lalu lintas.

“Namun dari banyak seri yang kami lakukan, gaya berkendara yang halus dan efisien, serta didukung performa mesin yang hemat sekaligus bertenaga menjadi faktor utama untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang baik. Kami harap rekor baru di seri ini dapat memacu peserta di seri selanjutnya untuk meraih hasil yang lebih baik lagi,” ujar Jonfis dalam rilisnya, Senin (15/1).

Khusus kategori komunitas, tiga pemenang seri kedua ini akan kembali berlomba melawan juara dari seri lainnya di babak final Honda Mobilio Battle of Efficiency, untuk mewakili chapter komunitasnya masing-masing.

Sumber : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *